Rabu, 06 Januari 2016

One day trip pulau seribu (Cipir, Kelor & Onrust)

Perjalanan kali ini berawal dari rasa penasaran gue tentang benteng yang terdapat dipulau kelor yang saat itu dipake buat resepsi pernikahan mantan pacar gue (Rio Dewanto) huhu sedih. Setelah gue browsing ternyata untuk ke pulau kelor bisa ikut paket wisata one day trip pulau seribu dengan biaya yang sangat amazing yaitu Rp.75.000 iyaaaa 75 ribu sajaaaaa. Tanpa pikir panjang gue langsung hubungi salah satu tour guide nya dan transfer biayanya. Kali ini gue ajak temen namanya ventris menurut gue ajak temen minimal 1 aja buat ngetrip itu perlu banget buat jadi tongsis (tolong dong sis) hehe.. untuk memulai perjalanan ini semua peserta diharapkan kumpul dimuara kamal dan ternyata disana banyak banget yang ikut, gue dan ventris gabung sama komunitas backpacker, seru! Dapet temen baru. Pulau pertama yang kita kunjungi adalah pulau cipir. Didalam pulau cipir ini terdapat bangunan-bangunan tua yang digunakan sebagai karantina dan rumah sakit bagi jamaah haji pada jaman belanda. Bangunan rumah sakit tua ini lumayan horor bikin gue serasa seperti artis horor dalam film suster ngesot dan gue sempat mengabadikan beberapa foto dibangunan tua ini untungnya gak ada penampakan dalam fotonya hihi 



Setelah ber horor horor ria di pulau cipir ini dia yang gue tunggu tunggu "Pulau Kelor" yup! Kita menuju pulau kelor. Di pulau kelor ini terdapat galangan kapal dan benteng yang di bangun VOC untuk menghadapi serangan portugis di abad 17. Benteng yang berbentuk bulat yang terbuat dari bata ini juga disebut benteng martello. Hmm menurut gue ini koloseum versi indonesia hihi.. Benteng martello ini sebenarnya luas tapi sayangnya sekarang hanya tinggal sisa reruntuhannya saja hal ini dikarenakan faktor umur bangunannya yang memang sudah tua dan juga faktor letusan gunung krakatau yang mengakibatkan sebagian pulau ini hancur dan terkikis.





Cukup lama singgah dipulau kelor karena dipulau ini bukan hanya asik buat foto, pasir putihnya dan laut birunya juga enak buat bengong2 ataupun main air sama temen2.
Lanjut ke destinasi terakhir yaitu pulau onrust di dalam pulau ini terdapat beberapa makam keramat yang tak bernama dan satu bangunan tua yang dipakai sebagai museum arkeologi. Di pulau onrust gue gak sempat foto-foto cuma keliling2 liat pohon-pohon dengan nama-nama aneh, makam tanpa nama dan masuk kedalam museum arkeologi. 
Sekian cerita trip murahnya yuk jangan ke mall melulu hal kayak gini gak akan bisa kamu temuin di mall :)






1 komentar: